Minggu, 24 Juni 2012

Wireless Sensor Network (WSN)

           Wireless Sensor Network (WSN) adalah sebuah kelas jaringan yang memungkin untuk digunakan pada berbagai aplikasi potensial dalam bidang kesehatan, militer dan pemantauan lingkungan. Secara umum, jaringan ini sering digunakan untuk melakukan pengamatan dalam kondisi daerah pengamatan dan tempat pengamat berada pada posisi yang saling berjauhan, sehingga dibutuhkan media yang memadai untuk dapat mengirimkan data-data hasil suatu pengamatan.

           Setiap node dalam jaringan sensor biasanya dilengkapi dengan transceiver radio atau perangkat komunikasi nirkabel lainnya, sebuah mikrokontroler kecil, dan sumber energi, biasanya batere. Ukuran sensor node bervariasi dari ukuran kotak sepatu sampai ukuran sebutir debu. Biaya node sensor juga bervariasi, mulai dari ratusan dolar sampai beberapa sen, tergantung pada ukuran jaringan sensor dan kompleksitas yang dibutuhkan dari setipa node sensor. Permasalahan ukuran dan biaya pada sensor node terkait dengan sumber daya seperti energi, kecepatan memori, komputasi dan bandwidth.
Gambar  Arsitektur Multihop WSN
                 Sebuah jaringan sensor biasanya merupakan jaringan ad-hoc nirkabel, yang berarti bahwa setiap sensor mendukung algoritma multi-hop routing di mana node berfungsi sebagai forwarder, menyampaikan paket data ke base station.
                 Aplikasi untuk WSNs bervariasi, biasanya melibatkan beberapa jenis pemantauan, pelacakan, atau mengendalikan. aplikasi spesifik termasuk pemantauan habitat, pelacakan objek, deteksi kebakaran, deteksi lahan slide dan pemantauan lalu lintas. Dalam aplikasi umum, sebuah WSN tersebar di daerah mana dimaksudkan untuk mengumpulkan data melalui node sensor nya. Berikut adalah beberapa aplikasi WSN :
a.   Pemantauan wilayah
Pemantauan wilayah adalah aplikasi umum WSN. Dalam pemantauan wilayah, WSN dikerahkan di daerah di mana beberapa fenomena yang akan dipantau. Misalnya, sensor node dalam jumlah besar bisa dikerahkan di medan perang untuk mendeteksi intrusi musuh. Bila sensor mendeteksi aktivitas yang dipantau (panas, tekanan, suara, cahaya, medan elektro-magnetik, getaran, dll) akan dilaporkan pada salah satu base station, yang kemudian mengambil tindakan yang sesuai (misalnya, mengirim pesan di internet atau satelit). Selain itu, jaringan sensor nirkabel dapat menggunakan berbagai sensor untuk mendeteksi keberadaan kendaraan mulai dari sepeda motor dan mobil.
b.      Pemantauan lingkungan
Sejumlah WSN telah dikerahkan untuk memantau lingkungan. Mayoritas didesain dengan masa hidup pendek, karena biasa bersifat protip. Contoh penggunaannya  adalah pemantauan keadaan lapisan es di pegunungan Alpen Swiss dan pemantauan gletser.
c.       Pemantauan rumah kaca
Jaringan sensor nirkabel juga digunakan untuk mengontrol tingkat suhu dan kelembaban di dalam rumah kaca komersial. Ketika suhu turun dan kelembaban di bawah tingkat tertentu, manajer rumah kaca harus diberitahukan melalui e-mail atau pesan sel telepon teks, atau sistem host dapat memicu sistem gerimis, ventilasi terbuka, menghidupkan kipas angin, atau mengendalikan berbagai tanggapan sistem. Beberapa WSN mudah pemasangannya dan juga mudah untuk bergerak sebagai kebutuhan perubahan aplikasi.
d.      Pendeteksi tanah longsor
Sebuah sistem deteksi tanah longsor, memanfaatkan jaringan sensor nirkabel untuk mendeteksi sedikit gerakan tanah yang mungkin terjadi selama tanah longsor. Dan melalui data yang terkumpul adalah mungkin untuk mengetahui terjadinya tanah longsor jauh sebelum itu benar-benar terjadi.
e.       Pertanian
Menggunakan jaringan sensor nirkabel dalam industri pertanian semakin umum. Sistem gravitasi air dapat dimonitor menggunakan pemancar tekanan untuk memantau tingkat air tangki, pompa dapat dikendalikan dengan menggunakan wireless I / O device, dan penggunaan air dapat diukur dan nirkabel dikirim kembali ke pusat kontrol pusat untuk penagihan. Irigasi otomatisasi memungkinkan penggunaan air lebih efisien dan mengurangi limbah.

1 komentar:

  1. After study just a few of the weblog posts in your web site now, wikipedia reference and I truly like your way of blogging. you can find out more I bookmarked it to my bookmark website list and will likely be checking back soon. Pls try my web page as effectively and let me know what you think. you could check here

    BalasHapus