Rabu, 25 Juli 2012

Hari Terakhir Kerja Praktek

                 Hari ini, Rabu 25 Juli 2012 merupakan hari terakhir gue kerja praktek (KP) atau praktek kerja lapangan (PKL) di Telkom Divisi Infratel NETRE JATIM. Hari ini memang berbeda dibandingkan biasanya, karena hari ini gue kagak ngap-ngapain, ya hanya mengurusi masalah administrasi yang berhubungan dengan PKL ini, mulai dari mengurusi dokumentasi untuk pembuatan laporan akhir yang kurang, penilaian yang diajukan ke pembimbing dan lain sebagainya. Berbeda dengan hari-hari sebelumnya yangt terkadang sangat "nganggur" hanya duduk diam di meja kerja, boleh melakukan sesuka hati, terkadang pula mendapatkan materi dan beban yang cukup berat, seperti memotong dan membuka golondongan kabel Fiber Optik sampai terlihat core-nya seperti yang terlah Gue jabarkan pada tulisan sebelumnya. Atau harus mengukur link budget serta menguji nilai redaman yang dihasilkan dari lokasi Gue di Kebalen Timur menuju beberapa daerah seperti Babad, Gresik, Lamongan.

                 Dulu, setiap harinya Gue ingin segera hari ini, karena apa, supaya segera bisa lega dari beban KP, selain sudah beres mata kuliah KP, tinggal laporan dan sidang, juga bisa lepas dari rutinitas kantor, dimana harus berangkat pagi-pagi, sampai kostpun menjelang Maghrib, bahkan tak jarang sampai kost tepat dengan adzan Maghrib. Belum lagi saat berangkat maupun pulang harus bergelut dengan kemacetan kota Surabaya, khususnya Surabaya Utara, terutama di daerah Pasar Kapasan ketika sore, dan sekitar perempatan arah Suramadu, daerah Sidotopo. Ditambah lagi jika teringat keluarga yang dirumah, pasti sedikit merasa iri dengan beberapa orang yang bisa menikmati liburan dirumah bersama keluarga, apalagi pada bulan ramadhan. Sudahlah pasti seorang anak ingin menghabiskan waktu ramadhan bersama keluarga dikampung halaman. Ditambah lagi saat awal kontark dengan pihak HRD, Gue kagak dapat apa-apa, beda sama beberapa teman yang ada mendapatkan uang pesangon, makan siang, transport.
              Namun, hari ini, ada sedikit kebimbangan, kalo kata anak sekarang Gue sedang "GALAU". Selain karena permasalahan yang ingin segera cepat berlalu masa KP ini, hati Gue juga terbersit untuk menambah waktu KP meskipun itu sangat sulit untuk terealisasikan, mengingat sulitnya mengurus administrasi disana-sini. Hal yang membuat Gue ingin menambah waktu KP ada beberapa, diantaranya sejak Gue KP, hidup Gue jadi teratur, jam makan teratur, pagi harus sarapan, malam kagak pernah tidur malam sampai dinihari, maklumlah takut ngantuk saat di kantor, kan bisa menurunkan image Gue. Hal lainnya yaitu, di kantor ini akses internet sangat bebas dan cepat, dari teman-teman yang juga melakukan KP, ada beberapa yang akses internetnya di blokir untuk beberapa alamat tertentu seperti jejaring sosial, forum2 komunikasi dunia maya, yang dibolehkan hanya yang berhubungan sama pekerjaan.Yang lainnya saat di kantor ini (NETRE JATIM), Gue bisa sholat Dhuhur dan Ashar secara berjama'ah tepat waktu, belum lagi setiap Selasa ada kajian yang isinya dan pengisinya sangat berbobot serta Insya Allah menambah ke-ISLAM-an Gue. Apalagi pada bulan ramadhan ini, setiap selesai sholat Dhuhur, selalu ada kajian, selama 3 kali kajian Gue kagak pernah absen. Memang ada sedikit hal yang menguranginya, saat dirumah bacaan Gue bisa kurang lebih 1 juz per hari, namun saat KP bacaan Gue jadi sedikit kurang maksimal.
Semoga suatu saat nanti Allah memberi Gue jalan dan pekerjaan dan tempat kerja yang HALAL, yang mengantarkan Gue menuju Surga-Nya Allah, pekerjaan dan tempat kerja yang menjadikan Gue semakin cinta dan taqwa kepada Allah, bukanlah pekerjaan dan tempat kerja yang malah membuat Gue melalaikan untuk menyembah Allah.

4 komentar: